23 Oct 2014 - 06:22 wib   
banpol sms

pesan_dirlantasPESAN DIRLANTAS

dirlantas

Kakorlantas: Polantas Harus Bantu Masyarakat Tanpa Pamrih

“Kewajiban sebagai anggota polisi adalah membantu dan melayani masyarakat tanpa adanya imbalan apapun, jangan pernah…

» More...

infosim

arTRANSPORTASI

tr

vLiputan

Cetak Pocil Santun, Cerdas, Disiplin & Modern

May 01, 2013

Rabu pagi lalu, lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya penuh sesak dengan anak-anak SD usia 8 s/d 12 tahun. Mereka semua berkumpul dari seluruh wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dengan berpakaian ala Polisi.

Ya! 350 siswa dan siswi sekolah dasar kelas 3 hingga 6 itu tampil unjuk aksi dalam lomba Polisi Cilik di Polda Metro Jaya, Rabu (24/4/2013) WIB. Mereka tergabung dalam 10 Polres di Jajaran Polda Metro Jaya. Artinya, dari satu wilayah Polres diwakili oleh sekitar 30-an siswa Pocil.

Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Direktorat Lalu Lintas AKBP Nurul Megawati mengatakan tujuan dari adanya polisi cilik ini ialah membentuk putra putri bangsa agar menjadi pribadi yang santun, disiplin, modern, dan cerdas berlalu lintas.

"Sejak kecil, polisi cilik ini ditanamkan kedisiplinan, dan dijadikan pelopor keselamatan berlalu lintas. Hingga besar nanti dapat menjadi contoh baik bagi masyarakat luas," kata AKBP Nurul Megawati.

Satu persatu Pocil ini pun lantas beraksi dengan menunjukkan kelincahan mereka dalam gerakan baris-berbaris (PBB) hingga tarian koreografi. Meskipun harus tampil di lapangan Lantas Polda Metro Jaya dibawah terik matahari namun tak tampak wajah lesu dan lelah dari mereka. Justru guratan keceriaan dan semangat yang terpancar dari wajah-wajah Polisi Cilik ini.

Datang sebagai Juri pun tak hanya dari pihak Kepolisiaan saja. Dikatakan AKBP Nurul, lomba Pocil ini dinilai oleh empat juri yakni dengan berlatar belakang dari Polisi Pusat Pendidikan dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Selanjutnya, untuk kategori juara, dinilai dari aspek favorit, kreatif, kepemimpinan, kedisplinan dan kekompakan, harmonisasi gerakan, harmoni seni, keindahan penampilan, gerakan terbaik, dan yel-yel dan pesan moral terbaik. "Semuanya dinilai dan mendapatkan hadiah. Untuk hadiahnya, ada piala dan piagam," terangnya.

"Kedepannya, saya harap mereka semua bisa jadi pelopor keselamatan lalu lintas dan membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Dan terpenting dapat menjadi contoh baik bagi rekan-rekannya di sekolah,” harapnya.

Sementara itu dari hasil lomba, Polisi Cilik Bekasi (PCB) berhasil meraih peringkat pertama dengan nilai tertinggi 745 dalam Lomba Polisi Cilik se-Wilayah Polda Metro Jaya. Untuk tempat kedua jatuh ke Kabupaten Tangerang dengan raihan 739 poin dan peringkat ketiga Kota Tangerang dengan 737 poin.

Adapun tujuh peringkat selanjutnya adalah Jakarta Pusat (730 poin), Jakarta Timur (710 poin), Kabupaten Bekasi (706), Jakarta Utara (698), Jakarta Selatan (693 poin), Depok (690 poin) dan Jakarta Barat (670 poin).

Keluar menjadi juara, Pocil Bekasi Kota pun berterima kasih atas banyak pihak yang telah mendukung. “Ini buah dari kerja keras dari anak-anak dan semua pihak yang terkait. Terima kasih untuk semuanya,” ujar Ipda Indira, pendamping Pocil Bekasi Kota.

“Semoga, ini menjadi awal yang baik dan dapat bermanfaat untuk semuanya. Bagi Pocil, semoga ini menjadi kebanggaan dan pemicu semangat untuk selalu berbuat yang terbaik, karena pada dasarnya Pocil ini adalah pembentukan karakter anak,” terangnya. (Sony/Danar)

Comments

User comments

There are no comments

Post a comment





[ 0 Komentar ]    [ Kirim Komentar]