25 Apr 2014 - 12:17 wib   
banpol sms

pesan_dirlantasPESAN DIRLANTAS

wtwt2

Polda Metro Terjunkan 10.000 Personel Amankan Paskah

"Pengamanan dilakukan dengan melibatkan seluruh Polres maupun Polsek untuk mengamankan gereka di wilayah mereka masing-masing,"…

» More...

infosim

arTRANSPORTASI

tr

vPesan Dirlantas

Polda Metro Perbanyak Gerai SIM dan Samsat

Dec 10, 2011

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terus berbenah guna memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Ya! Dit Lantas PMJ terus memperbanyak keberadaan gerai-gerai SIM dan STNK yang ada di mall-mall di Jakarta da sekitarnya.

 

Dua gerai SIM dan STNK yang baru saja diresmikan adalah gerai di Blok M Square dan Mall Gandaria City. Dalam acara peresmian itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol DR. Untung S. Rajab, Drs, SH mengatakan, gerai SIM dan STNK di mall ini dibuat untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat.

 

"Masyarakat kapan saja bisa memperpanjang SIM dan STNK, tidak harus ke kantor polisi, kecuali ada proses-proses yang harus didahului yang bisa dilakukan di kantor polisi," ujar, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol DR. Untung S. Rajab, Drs, SH Selasa (6/12/2011) di Blok M Square, Jakarta.

 

Kapolda juga berharap dengan dibukanya gerai SIM dan STNK di mall, masyarakat sadar hukum dan sadar membayar pajak. Adapun Polisi, juga sadar bahwa mereka pelayanan masyarakat bukan penguasa. "Dengan semakin dekat, masyarakat diharapkan bisa lebih taat membayar pajak," sambung Kapolda.

 

Sementara itu, Dirlantas PMJ Kombes Pol Drs Dwi Sigit Nurmantyas, SH, M Hum menerangkan bahwa cara memperpanjang SIM atau STNK di mal sama seperti di kantor Samsat atau di layanan perpanjang SIM/STNK keliling, yakni cukup dengan menunjukkan SIM yang lama, KTP, dan cek kesehatan.

 

"Sama persis dengan gerai yang di mobil-mobil. Diadakan gerai ini juga untuk mempersempit ruang gerak percaloan. Karena kalau perpanjangan di sini persyaratannya jelas masyarakat dapat melihat harga terpampang di situ jadi tidak ada lagi calo," tandasnya.

 

Akan Dibuka di Perkantoran

 

Setelah membuka gerai SIM dan STNK di Mal, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana membuat gerai di dalam gedung perkantoran. Lokasi itu dinilai strategis karena warga tetap dapat melakukan aktivitas bekerja.

 

"Rencana kami akan bermain di perkantoran, disesuaikan dengan alat yang ada. Rekanan sudah ada, simbiosis mutualiasme. Masyarakat untung, dan Polri untung," ujar Kepala Seksi SIM Polda Metro Jaya Kompol M Arsal Sahban, SH, SIK, MM, MH.

 

Dijelaskan Arsal, kehadiran Gerai SIM dan STNK di perkantoran dipastikan akan membantu masyarakat yang tidak sempat datang ke kantor polisi, gerai mall, atau SIM keliling lagi. Masyarakat cukup mengantri di gedung kantornya sendiri. Adapun sasaran pertama gedung perkantoran, yakni di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Selatan.

 

"Kalau masyarakat itu terkadang malas datang karena waktu tempuh seperti macet, dan jauh. Tapi, kalau di kantor mereka ada pasti akan sangat membantu," jelas Arsal.

 

Dan demi menunjang pekerjaan bagi anggota yang menjaga gerai di gedung perkantoran nanti, pihaknya saat ini tengah melakukan permohonan penambahan alat-alatnya ke Mabes Polri guna pembukaan gerai di perkantoran.

 

Berikut lokasi gerai SIM dan STNK yang ada di mall-mall di Jakarta dan sekitarnya:

 

Gerai SIM dan STNK

1. Mal Artha Gading lantai 1, Jalan Artha Gading Selatan, Jakarta Utara.

2. Mal Taman Palm, Jalan Kamal Raya Outer Ring Road Cengkareng, Jakarta Barat.

3. PGC (Pusat Grosir Cililitan), Jalan Mayjen Soetoyo No 76 lantai 7, Kramat Jati, Cililitan, Jakarta Timur.

4. Blok M Square, Jalan Melawai Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

5. Gandaria City.

 

Khusus STNK

1. Depok Town Square, Jalan Margonda, Depok.

2. Plaza Pondok Gede, Jalan Pondok Gede Plaza, Bekasi.

3. Metropolitan Mall Tambun.

(Danar/Sony/TMC).

 

Comments

User comments

There are no comments

Post a comment





[ 0 Komentar ]    [ Kirim Komentar]