1
banpol sms

pesan_dirlantasPESAN DIRLANTAS

dirlantas

Kakorlantas: Polantas Harus Bantu Masyarakat Tanpa Pamrih

“Kewajiban sebagai anggota polisi adalah membantu dan melayani masyarakat tanpa adanya imbalan apapun, jangan pernah…

» More...

infosim

arTRANSPORTASI

tr

vPesan Dirlantas

Kelas Bimbingan Belajar Ujian Teori SIM Mudahkan Para Pemohon SIM

Sep 17, 2011

Program Bimbingan Belajar Ujian Teori SIM yang diluncurkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, bagian Satuan Pelaksana Administrasi (SIM) Daan Mogot, dinilai sangat membantu para pemohon SIM.

"Kelas ini sangat membantu dan memudahkan saya dalam mengikuti ujian teori SIM. Sebelumnya, saya gagal di tes teori karena banyak peraturan yang belum saya kenal. Dengan mengikuti kelas bimbingan belajar ini, saya sangat terbantu," ungkap Hendri (27), saat ditemui TMC usai mengikuti kelas bimbingan belajar di Satpas Daan Mogot, Selasa (13/9/2011).

"Iya, kelas ini sangat membantu. Kini, saya lebih memahami aturan-aturan yang benar dalam berkendara, meski sebenarnya saya merasa sudah cukup ahli dalam mengendarai kendaraan bermotor," timpal Anggaraeni, yang juga mengikuti kelas Bimbel Ujian Teori SIM ini.

Kelas Bimbingan belajar yang digagas oleh Kasi SIM Dit Lantas Polda Metro Jaya Kompol M. Arsal Sahban, SH, SIK, MM, MH dan atas dukungan Dirlantas PMJ Kombes Pol Drs Royke Lumowa MM dan Kasubdit Regident AKBP Teddy Minahasa Putra SH, SIK  ini nantinya akan dibuka dua kali dalam seminggu, dan diutamakan bagi mereka yang gagal dalam ujian teori saat pembuatan SIM.

Bagi para pemohon SIM C (roda dua), dapat mengikuti kelas Bimbel Ujian Teori SIM ini di hari Selasa. Adapun untuk Pemohon SIM A dan B (roda empat ke atas) dapat mengikuti Bimbel di hari Kamis. Bahkan, Satpas SIM Daan Mogot juga memberikan bimbingan di hari Senin dan Jumat bagi mereka yang gagal tes ujian teori lebih dari dua kali, serta akan diberikan buku panduan tentang tata cara berlalu lintas.

"Ini sebagai sarana untuk memudahkan mereka lulus. Filosofinya kan, kalau sekolah, untuk lulus harus melewati tes. Nah, dengan menambah pengetahuan pemohon dalam berlalu lintas yang benar, diharapkan mereka bisa lulus," ujar Kompol Arsal.

"Bimbel ini juga bertujuan agar masyarakat bisa memahami aturan berlalu lintas yang baik dan benar. Harapanya, setelah mendapatkan SIM, masyarakat bisa mengetahui bagaimana sikap yang benar di jalan raya pada saat mengemudi," tambahnya.

Dalam kelas bimbel ini, para pemohon SIM akan diberikan pengetahuan seputar pengenalan rambu-rambu lalu lintas, mengendarai kendaraan bermotor yang benar di jalan, serta aturan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Karena itu, bagi Anda yang sempat gagal dalam ujian Teori pembuatan SIM, silahkan mengikuti kelas ini karena terbuka untuk umum dan tanpa biaya sama sekali. Waktu pembelajarannya pun tidak lama, hanya sekitar 30 menit.

"Namun, walaupun sudah mengikuti bimbel, belum tentu pemohon lulus ujian. Pemohon dikatakan lulus ujian teori jika berhasil menjawab minimal 21 dari 30 soal  yang diberikan," ujar Aipda Arwin, staff pengajar bimbel ujian teori SIM di Satpas Daan Mogot.

"Selanjutnya, setelah mengikuti bimbel ini, masyarakat dapat merubah pola berlalu lintas yang tadinya suka melanggar menjadi tertib. Dengan begitu, hal ini secara tidak langsung juga merupakan upaya mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan, khususnya di Jakarta," pungkasnya. (Danar/Sonny/TMC)

 

 

 

 

 

 

Comments

User comments

There are no comments

Post a comment





[ 0 Komentar ]    [ Kirim Komentar]